Leadham Internasional Papua Barat Dibentuk Awasi Pelanggaran HAM

Manokwari- Satu lagi lembaga pendukung Hak Asasi  Manusia terbentuk di Provinsi Papua Barat adalah Lembaga Advokasi Hak Asasi Manusia (Leadham Internasional) yang berada dalam naungan organisasi dunia PBB. Meski beberapa bulan berdiri, Leadham Internasional wilayah Provinsi Papua Barat telah merekrut sekitar 1.000 lebih pengurus dan berkantor di Reremi.

“ Di Jadwalkan tanggal 3 Oktober mendatang akan digelar pelantikan pengurus  Leadham Provinsi Papua Barat dan Kabupaten /Kota.” Ungkap Ketua Leadham Papua Barat, Ananias Dowansiba kepada Wartawan, Sabtu (29/9).

Ananias menuturkan alas an pembentukan lembaga ini adalah memperjuangkan hak asasi masyarakat papua yang selama ini terdata masih hidup di bawah garis kemiskinan. Artinya aku Ananias miskin dalam hal fasilitas, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan pembangunan. Bahkan ia menegaskan masih banyak kebutuhan masyarakat yang belum tersentuh, sehingga Leadham hadir untuk mendongkrak masalah keterbelakangan itu semua.

“Kami juga akan terus mengawal pelanggaran HAM yang sering dilakukan masyarakat akibat kebutuhan ekonomi yang mendesak. Dampaknya adalah pembunuhan yang marak terjadi di Papua Barat, khususnya Manokwari itu karena alas an kebutuhan masyarakat. Dengan membunuh atau mencuri, maka akan mendapat uang. Semua itu terjadi karena tidak ada pemahaman yang baik tentang HAM di kalangan masyarakat awam, “ ucapnya.

Lebih lanjut Ananias mengakui meskipun kesejahteraan masyarakat papua sudah terjawab melalui Otsus, namun program pemberdayaan ekonomi masyarakat hanya bermanfaat bagi pejabat papua yang menurutnya egois dalam memimpin. “Mereka hanya memikirkan diri sendiri, tetapi mengabaikan masyarakat. Akhirnya masyarakat yang terlantar, sementara para pejabat semakin kenyang, dan inilah yang akan menjadi salah satu agendanya ke depan untuk memberikan keadilan bagi masyarakt kecil,” tegasnya sembari menambahkan setelah dilantik akan dilakukan sosialisasi makna HAM kepada Masyarakat di Papua Barat hingga menyentuh masyarakat di daerah pedalaman. (NTI)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s